RANGKUMAN INFTK BAB 1

    MENGGUNAKAN JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

    
  


   Internet merupakan kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar. Komputer-komputer tersebut tersebar dalam jaringan-jaringan yang lebih kecil di seluruh dunia. Jaringan-jaringan kecil tersebut berupa jaringan lokal (LAN), jaringan Kota (MAN), dan jaringan wilayah tertentu (WAN), Jutaan jarimngan itulah yang saling terhubung dan membentuk suatu jaringan yang sangat besar yang disebut internet. Internet menjadi peran penting sebagai sumber data dan informasi, serta sebagai sarana komuikasi.

  Sebagai sarana komunikasi, internet dapat membuat para penggunanya saling berkomunikasi, serta bertukar data dan informasi dengan cepat. Ada banyak aplikasi di internet yang memungkinkan komunikasi antara dua atau lebih pengguna internet dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data,
Komputer Klien berfungsi sebagai komputer yang menerima pelayanan.

    Aplikasi internet umum yang digunakan saai ini adalah discussion board, WWW, email, media sosial, cloud, mesin pencari, dan masih banyak lagi.
Mesin pencari "google" merupakan mesin pencari yang memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian yang sangat cepat, beberapa layanan google diantaranya gmail,    drive,maps, translate, chrome, youtube, dan android.

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang      terhubung dalam suatu jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti MAN, WAN maupun internet.

Keamanan data merupakan faktor yang sangat penting ketika terjadi komunikasi antara dua komputer. Teknik pencurian data yang biasanya digunakan diantaranya            
eavesdropping, snooping, snoofing, email spoofing, phising, pharming, cookies, spyware, adware, browser, dan hijackers.                                     

Teknologi keamanan data beberapa teknologi pengamanan data diantara lainnya terdapat firewall, dan enkripsi data.

Hacking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud mencuri file,    data, dan sebagainya. 
Cracking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut.

 



    

    

    

    


    

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

LATIHAN AKHIR PG DAN ESSAI BAB 1

SOAL ESSAI MATERI ALGORITMA

RANGKUMAN INFTK BAB 3